Ketika berbelanja di pasar
swalayan atau mall, biasanya untuk membeli satu jenis barang saja, misalnya
detergen, kita dihadapkan pada berbagai macam merk, sehingga kitapun harus
memilih terlebih dahulu merk yang kita anggap paling baik dari merk lainnya.
Contoh tersebut dalam dunia bisnis pastinya sudah bukan menjadi suatu hal yang
aneh lagi, dimana banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk
maupun jasa pada bidang / jenis yang sama dengan yang ditawarkan oleh
perusahaan lainnya, sehingga sukses atau tidaknya produk atau jasa yang
ditawarkan tersebut tergantung pada keputusan konsumennya dalam memilih. Namun
untuk mencapai hal tersebut,
perusahaan-perusahaan tersebut baik besar maupun kecil, dituntut untuk bisa mengusai pasar dan merebut hati para konsumennya untuk memilih dan setia kepada produk atau jasa mereka dibandingkan dengan yang lainnya mengingat sifat pasar yang dinamis sehingga persaingan ketatpun sangat susah untuk dihindari. Oleh karena itu para pelaku bisnis tersebut haruslah dapat mengerti dan melakukan market research sebelum mereka meluncurkan produk dan jasa mereka ke-pasaran.
perusahaan-perusahaan tersebut baik besar maupun kecil, dituntut untuk bisa mengusai pasar dan merebut hati para konsumennya untuk memilih dan setia kepada produk atau jasa mereka dibandingkan dengan yang lainnya mengingat sifat pasar yang dinamis sehingga persaingan ketatpun sangat susah untuk dihindari. Oleh karena itu para pelaku bisnis tersebut haruslah dapat mengerti dan melakukan market research sebelum mereka meluncurkan produk dan jasa mereka ke-pasaran.
Market research atau riset pasar
ialah suatu proses yang terorganisir meliputi kegiatan dalam mengumpulkan,
mengidentifikasi, serta menganalisis segala informasi yang berkaitan dengan
pelanggan / konsumen, keadaan pasar seperti kebutuhan / tren pasar yang sedang
berkembang, serta ukuran pasar dan juga pesaing yang ada dengan metode berbagai
macam metode seperti metode sampling, kuesioner, kerja lapangan, analisa, dan
sebagainya.
Market research online pada
dasarnya memiliki arti yang sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya
saja pada market research online, proses pengumpulan informasi yang dilakukan
berbasis web dengan menggunakan tiga metode seperti Email survey (mengirimkan
kuesoner melalui email), HTML survey (mengirimkan kuisoner kompleks yang
menggunakan bahasa pemrograman dengan grafis dan pilihan suara di dalamnya yang
juga dikirimkan melalui email), dan Interaktif survey (mengirimkan kuesoner
yang diprogram dan dikirim melalui email pelanggan yang kemudian dapat
didownload di PC pelanggannya untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikirimkan).
Contoh Market
Research Online
Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan market research secara online
yaitu perusahaan teknologi raksasa Korea, Samsung, dengan produk terbarunya
ponsel galaxy s generasi ke-3 yaitu Samsung Galaxy S3 yang belum diberikan
preview namun para calon konsumennya sudah mulai menerka-nerka mulai dari
design, spesifikasi, hingga harga, melalui blog maupun website penyedia
informasi dan website rumor.
Melalui website-website tersebut, pihak Samsung bisa saja menjadikannya
sebagai riset pasar karena di website tersebut para pelanggannya akan
memberikan kontribusi berupa apa yang sebenarnya masyarakat inginkan mulai dari
design, fitur dan harga yang sangat bervariasi antara setiap blogger maupun
komunitas atau calon pelanggan lainnya. Dengan adanya pandangan tersebut, pihak
Samsung menjadi tahu apa yang sebenarnya konsumen inginkan dari ponsel
tersebut, dan memanfaatkannya untuk dapat membidik sasaran target pasarnya.
Riset pasar tersebut sangat penting untuk mengejar pasaran dan pencapaian
target keuntungan perusahaan.
Selain melakukan riset sendiri, saat ini banyak sekali situs-situs
perusahaan yang menawarkan jasa market research secara online bagi perusahaan
lain, seperti perusahaan international yang telah terkenal berikut ini :
-
ACNielsen
-
Consumer
Insights Inc
-
Decision
Analyst
-
Anderson
Analytics
-
Euro
Monitor International
-
Forrester
Research
-
The
Gallup Organization
-
Market
Tools
-
Market
Probe International
-
Marketest
-
dsb
Beberapa contoh nama perusahaan market research di atas biasanya memiliki
jangkauan dan jaringan yang sangat luas di banyak negara terkenal dan
berpengaruh di dunia seperti United Kingdom, USA, France, Spain, dan Germany.
Dengan menggunakan survey online, mereka biasanya akan mengambil sampel dari
konsumen potensial perusahaan yang akan diriset untuk mengetahui kebiasaan,
kebutuhan, pilihan, dan sebagainya dari konsumen tersebut. Perusahaan market
research online ini biasanya telah memiliki banyak pengalaman dan prestasi
panjang selama bertahun-tahun dalam meriset perusahaan-perusahaan terkenal,
namun mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk meriset perusahaan yang baru
akan memulai bisnisnya. Mereka pun biasanya mencantumkan nama-nama perusahaan
yang telah mereka riset tersebut di dalam situs mereka untuk menanamkan
kepercayaan calon konsumen (perusahaan yang akan meminta bantuan riset).
Tujuan
Dilakukannya Market Research
Data atau informasi yang telah
berhasil dikumpulkan dari seluruh metode penelitian yang telah dilakukan
kemudian dianalisis agar pebisnis / perusahaan yang akan meluncurkan produknya dapat lebih mengenal sifat dari
target konsumen /
pelanggannya, mengenal tren pasar yang
sedang populer maupun potensi perkembangan pasar tersebut, serta ukuran
pasar yang akan dimasukinya agar
pebisnis untuk dapat membuat strategi pemasaran yang tepat, dan juga
mengenal serta mengetahui kekuatan pesaing-pesaing yang akan dihadapinya sebagai prediksi untuk bisnisnya di masa
yang akan datang, dan juga memperkecil kemungkinan kegagalan yang akan
dihadapinya. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga dapat digunakan
untuk mendukung keputusan bisnis yang efektif dan tindakan pemasaran seperti
kegiatan promosi, pemberian hadiah, voucher, diskon, bonus, program loyalitas, sebagai pengevaluasi seberapa baik produk
atau jasa yang dijual, serta dapat digunakan sebagai bagian dari CRM
(Customer Relationship Management) perusahaan, dalam perencanaan perusahaan di
masa yang akan datang yang pada akhirnya nanti dapat membantu perusahaan untuk
memenangkan hati, memuaskan kebutuhan, dan
menjaga kesetiaan para pelanggannya, serta mendapatkan keuntungan yang
lebih dari para pesaingnya.
Komentar :
Menurut saya market research ini
sangat perlu diterapkan oleh para pebisnis baik pebisnis berskala besar maupun
pebisnis kecil yang baru akan memulai usahanya. Market research ini akan sangat
membantu para pebisnis (terutama pebisnis kecil / pemula) sebagai persiapan
dalam bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya, karena seperti yang banyak
terjadi di Negara kita, para pebisnis kecil tersebut terkadang memberanikan
diri untuk membuka bisnisnya hanya dengan melihat dan mengandalkan keahlian
yang mereka miliki, tren yang sedang hangat dipasaran, serta iming-iming
keuntungan yang besar tanpa melihat aspek lainnya seperti tempat, konsumen, dan
pesaingnya, sehingga ketika sudah terlalu banyak pesaing yang bergerak dibinis
yang sama, keuntungan yang diharapkan pun tidak dapat ia peroleh secara
maksimal, dan ketika tren tersebut mulai meredup, bisnis tersebut pun akan meredup
pula hingga benar-benar hilang / tutup. Oleh karena itu, seharusnya para
pebinis kecil benar-benar mempersiapkan diri dengan melakukan market research
ini agar kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada bisnisnya
dapat dikurangi dan diatasi.
0 komentar:
Posting Komentar