Recent News

Minggu, 08 April 2012

Market Research Online



Ketika berbelanja di pasar swalayan atau mall, biasanya untuk membeli satu jenis barang saja, misalnya detergen, kita dihadapkan pada berbagai macam merk, sehingga kitapun harus memilih terlebih dahulu merk yang kita anggap paling baik dari merk lainnya. Contoh tersebut dalam dunia bisnis pastinya sudah bukan menjadi suatu hal yang aneh lagi, dimana banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa pada bidang / jenis yang sama dengan yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya, sehingga sukses atau tidaknya produk atau jasa yang ditawarkan tersebut tergantung pada keputusan konsumennya dalam memilih. Namun untuk mencapai hal tersebut,
perusahaan-perusahaan tersebut baik besar maupun kecil, dituntut untuk bisa mengusai pasar dan merebut hati para konsumennya untuk memilih dan setia kepada produk atau jasa mereka dibandingkan dengan yang lainnya mengingat sifat pasar yang dinamis sehingga persaingan ketatpun sangat susah untuk dihindari. Oleh karena itu para pelaku bisnis tersebut haruslah dapat mengerti dan melakukan market research sebelum mereka meluncurkan produk dan jasa mereka ke-pasaran.

Market research atau riset pasar ialah suatu proses yang terorganisir meliputi kegiatan dalam mengumpulkan, mengidentifikasi, serta menganalisis segala informasi yang berkaitan dengan pelanggan / konsumen, keadaan pasar seperti kebutuhan / tren pasar yang sedang berkembang, serta ukuran pasar dan juga pesaing yang ada dengan metode berbagai macam metode seperti metode sampling, kuesioner, kerja lapangan, analisa, dan sebagainya.



Market research online pada dasarnya memiliki arti yang sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya saja pada market research online, proses pengumpulan informasi yang dilakukan berbasis web dengan menggunakan tiga metode seperti Email survey (mengirimkan kuesoner melalui email), HTML survey (mengirimkan kuisoner kompleks yang menggunakan bahasa pemrograman dengan grafis dan pilihan suara di dalamnya yang juga dikirimkan melalui email), dan Interaktif survey (mengirimkan kuesoner yang diprogram dan dikirim melalui email pelanggan yang kemudian dapat didownload di PC pelanggannya untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikirimkan).

Contoh Market Research Online
Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan market research secara online yaitu perusahaan teknologi raksasa Korea, Samsung, dengan produk terbarunya ponsel galaxy s generasi ke-3 yaitu Samsung Galaxy S3 yang belum diberikan preview namun para calon konsumennya sudah mulai menerka-nerka mulai dari design, spesifikasi, hingga harga, melalui blog maupun website penyedia informasi dan website rumor.

Melalui website-website tersebut, pihak Samsung bisa saja menjadikannya sebagai riset pasar karena di website tersebut para pelanggannya akan memberikan kontribusi berupa apa yang sebenarnya masyarakat inginkan mulai dari design, fitur dan harga yang sangat bervariasi antara setiap blogger maupun komunitas atau calon pelanggan lainnya. Dengan adanya pandangan tersebut, pihak Samsung menjadi tahu apa yang sebenarnya konsumen inginkan dari ponsel tersebut, dan memanfaatkannya untuk dapat membidik sasaran target pasarnya. Riset pasar tersebut sangat penting untuk mengejar pasaran dan pencapaian target keuntungan perusahaan.



Selain melakukan riset sendiri, saat ini banyak sekali situs-situs perusahaan yang menawarkan jasa market research secara online bagi perusahaan lain, seperti perusahaan international yang telah terkenal berikut ini :
-          ACNielsen
-          Consumer Insights Inc
-          Decision Analyst
-          Anderson Analytics
-          Euro Monitor International
-          Forrester Research
-          The Gallup Organization
-          Market Tools
-          Market Probe International
-          Marketest
-          dsb
Beberapa contoh nama perusahaan market research di atas biasanya memiliki jangkauan dan jaringan yang sangat luas di banyak negara terkenal dan berpengaruh di dunia seperti United Kingdom, USA, France, Spain, dan Germany. Dengan menggunakan survey online, mereka biasanya akan mengambil sampel dari konsumen potensial perusahaan yang akan diriset untuk mengetahui kebiasaan, kebutuhan, pilihan, dan sebagainya dari konsumen tersebut. Perusahaan market research online ini biasanya telah memiliki banyak pengalaman dan prestasi panjang selama bertahun-tahun dalam meriset perusahaan-perusahaan terkenal, namun mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk meriset perusahaan yang baru akan memulai bisnisnya. Mereka pun biasanya mencantumkan nama-nama perusahaan yang telah mereka riset tersebut di dalam situs mereka untuk menanamkan kepercayaan calon konsumen (perusahaan yang akan meminta bantuan riset).



Tujuan Dilakukannya Market Research



Data atau informasi yang telah berhasil dikumpulkan dari seluruh metode penelitian yang telah dilakukan kemudian dianalisis agar pebisnis / perusahaan yang akan meluncurkan produknya dapat lebih mengenal sifat dari target konsumen / pelanggannya, mengenal tren pasar yang sedang populer maupun potensi perkembangan pasar tersebut, serta ukuran pasar yang akan dimasukinya agar pebisnis untuk dapat membuat strategi pemasaran yang tepat, dan juga mengenal serta mengetahui kekuatan pesaing-pesaing yang akan dihadapinya sebagai prediksi untuk bisnisnya di masa yang akan datang, dan juga memperkecil kemungkinan kegagalan yang akan dihadapinya. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga dapat digunakan untuk mendukung keputusan bisnis yang efektif dan tindakan pemasaran seperti kegiatan promosi, pemberian hadiah, voucher, diskon, bonus, program loyalitas, sebagai pengevaluasi seberapa baik produk atau jasa yang dijual, serta dapat digunakan sebagai bagian dari CRM (Customer Relationship Management) perusahaan, dalam perencanaan perusahaan di masa yang akan datang yang pada akhirnya nanti dapat membantu perusahaan untuk memenangkan hati, memuaskan kebutuhan, dan  menjaga kesetiaan para pelanggannya, serta mendapatkan keuntungan yang lebih dari para pesaingnya.

Komentar :
Menurut saya market research ini sangat perlu diterapkan oleh para pebisnis baik pebisnis berskala besar maupun pebisnis kecil yang baru akan memulai usahanya. Market research ini akan sangat membantu para pebisnis (terutama pebisnis kecil / pemula) sebagai persiapan dalam bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya, karena seperti yang banyak terjadi di Negara kita, para pebisnis kecil tersebut terkadang memberanikan diri untuk membuka bisnisnya hanya dengan melihat dan mengandalkan keahlian yang mereka miliki, tren yang sedang hangat dipasaran, serta iming-iming keuntungan yang besar tanpa melihat aspek lainnya seperti tempat, konsumen, dan pesaingnya, sehingga ketika sudah terlalu banyak pesaing yang bergerak dibinis yang sama, keuntungan yang diharapkan pun tidak dapat ia peroleh secara maksimal, dan ketika tren tersebut mulai meredup, bisnis tersebut pun akan meredup pula hingga benar-benar hilang / tutup. Oleh karena itu, seharusnya para pebinis kecil benar-benar mempersiapkan diri dengan melakukan market research ini agar kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada bisnisnya dapat dikurangi dan diatasi.

0 komentar:

Poskan Komentar