Recent News

Minggu, 01 April 2012

E - Grocery



Pernah dengar E-Grocery? Tentunya ada yang belum pernah, dan ada yang sudah. Di Indonesia sendiri E-Grocery ini mungkin belum terlalu dikenal, tidak se-terkenal E-Commerce tentunya. Nah, kalau begitu saya akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu apa itu E-Grocery.
E – Grocery, Electronic Grocery, atau Grosir Elektonik, dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk E-Commerce dimana pelakunya dapat berbelanja barang-barang grosir secara online. Bedanya dengan E-Commerce, E-Grocery disini lebih seperti “supermarket online” yang kebanyakan lebih menawarkan
barang-barang keperluan rumah tangga, namun ada pula yang menawarkan jenis-jenis barang lain seperti barang elektronik, aksesoris, dan lain sebagainya, namun dijual secara grosir. E-Grocery dilengkapi dengan layanan delivery atau pengantaran barang belanjaan tersebut kepada pembelinya. E-Grocery ialah merupakan sebuah solusi bagi mereka yang terlalu sibuk dan tinggal di kota-kota besar, tidak memiliki banyak waktu luang untuk berbelanja.



Cara berbelanja pada E-Grocery disini sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan E-Commerce, pembeli hanya memerlukan PDA, Laptop, Komputer, atau sejenisnya, dan tidak lupa jaringan internet. Setelah terhubung ke internet, pembeli dapat searching grocery online shop yang mereka inginkan, kemudian masuk ke dalam situs tersebut. Biasanya calon pembeli tersebut harus mendaftar menjadi “member” pada situs grocery online shop tersebut, disertai dengan keterangan lengkap calon pembeli beserta no kartu kredit yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembelinya ketika akan berbelanja kembali, dan untuk memudahkan ketika akan mengantarkan barang belanjaan yang telah dipesan. Setelah itu, biasanya ada situs grocery online shop yang mengharuskan calon pembelinya yang telah menjadi member, mendownload aplikasi situs mereka untuk mempermudah ketika pembeli akan berbelanja, tanpa harus search lagi. Setelah itu, pembeli dapat memilih barang-barang yang ingin dibeli (biasanya situs tersebut memberikan keterangan lengkap mengenai barang yang dijual, seperti kemasan, berat, rasa, expired date (untuk makanan), dan lain sebagainya). Kemudian pembeli dapat memasukkannya ke dalam “shopping cart”, dengan persyaratan minimal biaya belanja tertentu, seperti di Indonesia biasanya pembeli haris belanja minimal Rp 100.000,-. Setelah itu, pembeli tinggal menunggu belanjaan datang. Harga berbelanja di E-Grocery shop ini biasanya relatif lebih murah daripada di pasar pada umumnya, hanya saja biasanya pembeli dikenakan “ongkos pengantaran” belanjaan, namun jika dihitung-hitung, jumlahnya masih lebih murah daripada jika harus berbelanja sendir. Jadi, kelebihan E-Grocery ialah pembelinya dapat menghemat uang belanja, ongkos perjalanan, dan tenaga.Bagaimana menurut anda? Mudah sekali bukan?!

Berikut ini contoh situs-situe E-Grocery di Indonesia


www.grosircentre.com 








Dan berikut ini contoh situs-situs E-Grocery di luar Indonesia :




www.netgrocer.com










Perkembangan E-Grocery ke depannya

Menurut saya, perkembangan E-Grocery ke depannya sangatlah menjanjikan. Mengingat kemudahan yang ditawarkan dan semakin bertambah banyaknya manusia di dunia ini yang akan mengakibatkan semakin sempitnya lahan yang dapat memacu kemacetan terutama di kota-kota besar dan semakin banyak orang yang sibuk, sehingga tidak memiliki banyak waktu luang untuk berberlanja, maka E-Grocery adalah sebuah solusi yang dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah waktu yang dialami oleh sebagian besar manusia ke dapannya. Hanya saja, melihat peluang tersebut, para pengusaha E-Grocery tentunya dituntut untuk memiliki kelengkapan produk dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya, agar pelanggannya tidak beralih ke E-Grocery shop lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar