Recent News

Kamis, 15 September 2011

Website E-Commerce Gramedia vs Karisma

Saat ini, internet sudah bukan lagi menjadi hal aneh bagi seluruh manusia di sebagian besar permukaan bumi  ini. Dengan internet, segalanya terasa sangat mudah dan cepat, seperti mencari tahu tentang segala hal, bertemu/berkomunkasi dengan saudara atau sahabat kita yang berada di belahan bumi lain, bahkan membeli barang-barang yang belum di pasarkan di Negara kita, namun
sudah dipasarkan di Negara lain hanya dangan “Klik”. Hampir semua pengguna internet mengetahui adanya toko-toko atau perusahaan-perusahaan online tersebut, bahkan sudah sangat banyak yang menjadi “peserta” dalam kegiatan jual–beli online tersebut, namun ketika mereka ditanya tentang apa itu E-Commerce, tidak sedikit juga yang masih tidak mengerti apa itu E-Commerce. Maka sebelum saya memaparkan inti pembahasan saya tentang perbedaan antara 2 website yang menggunakan E-Commerce, terlebih dahulu saya akan menjelaskan sedikit apa itu E-Commerce. 

E-Commerce atau Electronic Commerce (PerniagaanElektronik) merupakan bagian dari E–Business atau Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), dimana segala bentuk kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries), juga transaksi dari perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) yang menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis (e-commerce is a part of e-business).

Atau untuk lebih sederhananya dapat dikatakan bahwa E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet dan jaringan computer lainnya atau disebut juga dengan sistem elektronik.
E-Commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan maupun kecepatan penyampaian informasi

E-Commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.



Setelah mengetahui apa itu E-Commerce, maka kita akan melihat sedikit contoh dari website E-Commerce. Dalam hal ini, tanpa bermaksud untuk menjelek-jelekkan salah satu website yang saya pilih, saya memilih dua website yang memiliki jenis yang sama untuk saya bandingkan, yaitu Toko Buku Gramedia dan Toko Buku Karisma.

Untuk dapat melihat secara langsung, anda dapat mengakses link-link berikut :

Pertama-tama, kita akan melihat kelebihan yang dimiliki oleh website Toko Buku Gramedia. kelebihannya ialah mereka memberikan kolom search dengan category yang dapat kita pilih seperti juduk buku, penulis, resensi, dan sebagainya. Menu book categorynya pun tersusun sangatlah rapi dan terorganisir dengan seangat baik sehingga sangat memudahkan customernya untuk menemukan buku yang mereka cari. Mereka juga menampilkan banner yang menarik tentang buku-buku yang terbaru yang di tawarkan, menyediakan tempat bagi customernya yang ingin mendownload e-book mereka, memberikan tempat bagi komunitasnya untuk berbagi atau bertukar pendapat tentang buku-buku yang mereka sukai, memberikan berita atas acara-acara yang akan diselenggarakan oleh mereka seperti launching buku dan sebagainya, agar para pecinta buku dapat hadir dan mengetahui tentang buku tersebut. Memberikan video trailer buku yang baru diterbitkan sebagai media iklan yang sangat menarik bagi para pembacanya. Dan para pembacanya diberikan kebebasan untuk mem-vote atau memnberikan rate buku yang mereka sukai. Untuk setiap buku, mereka memberikan sinopsis yang lumayan lengkap juga menarik lengkap dengan ukuran buku, tebal buku, hingga nome produk buku tersebut. Bagi customer yang ingin memesan buku tersebutpun dapat memesannya dengan sangat mudah, hanya dengan sign in untuk dapat menjadi member pada Toko Buku Gramedia, memilih buku yang di inginkan, memasukkannya ke wishlist atau yang lebih kita kenal dengan cart, dan selanjutnya sama saja dengan apabila kita berbelanja online di online shop lainnya.
Kekurangannya ialah pada kolom brows by tag, agak terlihat kurang rapi karena banyak judul buku yang di tuliskan disana dalam satu kolom yang sama, tanpa koma atau pembatas apapun antar judul buku tersebut sehingga terlihat agak sedikit membingungkan. Gramedia juga mungkin harus menambahkan daftar cabang dari Toko mereka, agar para calon customer yang mungkin belum mengenal Toko Buku Gramedia ini seperi customer dari luar negeri dapat lebih yakin untuk memilih Gramedia sebagai tempat mereka berbelanja buku dikarenakan dengan melihat banyaknya cabang yang Gramedia miliki, mereka dapat mengetahui bahwa Gramedia adalah toko buku yang telah memiliki nama besar di Indonesia dan dapat dipercaya. Selebihnya, website yang dimiliki Gramedia sudah sangat baik dan lengkap.

Pada website yang dimiliki oleh Toko Buku Karisma, kelebihan yang dimiliki ialah menu yang ditampilkan sangat rapi dan tergolong lengkap serta dapat memudahkan customer untuk menemukan buku yang mereka cari pada category yang telah mereka berikan. Mereka juga memberikan kolom “chat with us” untuk dapat memudahkan customernya berhubungan dengan mereka, memberikan nomer telepon yang dapat di hubungi oleh customernya, menampilkan seluruh cabang yang mereka miliki, lengkap dangan alamat toko, memberikan informasi bazar dan lomba dan harga promosi untuk buku yang baru mereka terbitkan, untuk semakin mendekatkan hubungan mereka dengan customernya. Mereka tidak hanya sekedar menawarkan buku, namun juga peralatan kantor yang juga dapat dipesan.
Kekurangan pada website ini ialah website ini masih dalam versi beta, sehingga masih harus melewati banyak perbaikan, buku yang ditawarkan juga tidak diberikan sinopsis yang lengkap, padahal dengan sinopsis tersebutlah yang dapat menarik minat costumernya utntuk memesan, tampilannya pun agak sedikit kaku.
Demikianlah sedikit perbandingan dari website Toko Buku Gramedia dan Toko Buku Karisma yang dapat saya paparkan, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, dan semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.

0 komentar:

Posting Komentar