Recent News

Kamis, 22 September 2011

Koneksi Internet



Seiring berjalannya waktu internet sudah menjadi hal yang sangat penting saat ini, bahkan internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian banyak orang. Karena itu, koneksi internet yang lambat sering kali menjadi masalah. Berbagai provider pun berlomba-lomba menawarkan koneksi-koneksi yang dapat dipilih konsumen untuk dan memenuhi kebutuhannya. Semakin majunya teknologi, koneksi internet pun semakin baik. Berikut ini dua jenis koneksi internet yang dapat digunakan oleh pengguna internet.


1.     Koneksi Internet dengan 3G (UMTS)
3G merupakan pengembangan teknologi GPRS dengan akses internet berkecepatan tinggi. 3G sudah sangt terkenal sejak lama, namun bagi masyarakat Indonesia, baru sedikit orang yang menggunakannya karena tidak semua masyarakat di Indonesia memiliki perangkat yang mendukung penggunaan 3G ini, dan jaringan 3G ini sendiri pun memang belum terlalu luas dan bisa didapat di setiap daerah. Saat ini sistem yang umum digunakan adalah UMTS (jaringan 3G) yang memiliki kecepatan akses mencapai 384 Kbps.





Kelebihan koneksi internet dengan 3G
¨      Dapat digunakan dimana saja, selama user masih berada dalam jangkauan jaringan provider 3G.
¨      Memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dari pada GPRS.
¨      Jika user menggunakan time base dan berada dalam jangkauan 3G, user tersebut dapat mendownload dengan sangat cepat.
Kekurangan koneksi internet dengan 3G
¨      Koneksi ini hanya bisa dipakai jika daerah yang bersangkutan sudah terjangkau fasilitas 3G dari provider yang bersangkutan.
¨      Pada cuaca buruk jaringan 3G bisa kembali pada signal GPRS, sehingga otomatis kecepatan akses internet menjadi berkurang.
¨      Di Indonesia, hanya daerah-daerah tertentu yang memiliki sinyal 3G
Jika ingin menggunakan koneksi internet dengan 3G (UTMS), user harus menyiapkan perangkat-perangkat seperti handphone yang mendukung 3G/modem 3G, bluetooth/kabel data/infrared, atau pun komputer/laptop.
Saat ini seluruh operator GSM di Indonesia sudah mendukung jaringan 3G. Hanya saja jaringannya belum mencakup seluruh wilayah Indonesia. Jaringan UMTS terluas saat ini adalah TELKOMSEL.
Berikut ini adalah alamat website ISP (Internet Service Provider) di Indonesia yang menyediakan koneksi 3G (UTMS):

2.     Koneksi Internet dengan Wireless (Hotspot)
Wireless atau lebih dikenal dengan Hotspot sudah menjadi trend dan gaya hidup bagi masyarakat di Indonesia, tempat-tempat yang menawarkan fasilitas hotspot pun sudah sangat menjamur dan selalu dipenuhi dengan penggunanya, ditambah lagi dengan biaya yang harus dikulearkan untuk bisa menikmati fasilitas ini pun relatif sangat terjangkau.
Wireless atau hotspot itu sendiri merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, sekolah atau kampus, bandara, cafe, dan lain-lain. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) dalam jarak hingga 100 meter. Tetapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.
Selain memanfaatkan hotspot di lokasi umum, anda juga bisa memasang sendiri dirumah. Tentu saja harus berlangganan salah satu ISP yang koneksi internetnya bisa di sharing. Biasanya koneksi internet yang bisa disharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel. Setelah koneksi internet tersedia, anda bisa menggunakan hub wireless untuk di sharing ke komputer/laptop lain tanpa menggunakan kabel. Hub wireless ini harus anda beli sendiri di toko komputer, karena provider ISP tidak menyediakannya.





Kelebihan koneksi internet dengan wireless / hotspot
¨      Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.
¨      Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman buat anda.
¨      Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, dapat digunakan untuk men-download sesuai dengan keinginan anda.
¨      Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap koneksi ini.
Kekurangan koneksi internet dengan wireless / hotspot
¨     Jika ingin memasang koneksi internet ini di rumah, user harus membeli hub wireless terlebih dahulu.
¨      Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus.
¨      Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya dalam kamar.
Jika anda hanya ingin memanfaatkan hotspot gratis, yang dibutuhkan adalah laptop atau handphone yang memiliki fasilitas Wi Fi. Namun, bila ingin memasang dan membagikan koneksi , anda harus membeli modem wireless.
Jika anda sering bepergian ke mall atau café dan ingin browsing internet, sebaiknya anda membawa laptop. Di sana anda bisa langsung mencari jaringan hotspot. Namun biasanya tidak semua hotspot bisa diakses secara gratis. Beberapa diantaranya ada yang mengharuskan anda membeli voucher atau register dulu kepada penyedia layanan hotspot.
Untuk koneksi ke hotspot, sudah banyak provider atau ISP yang menawarkannya seperti TELKOM, dan PES@T.NET, namun sesungguhnya untuk dapat menggunakan koneksi jenis ini, kita tidak perlu mencari ISP, karena kita hanya memanfaatkan yang sudah ada. Namun jika kita sendiri yang ingin menyediakan layanan ini, bisa menggunakan koneksi ADSL.

Dari kedua jenis koneksi internet yang dijelaskan di atas, saya lebih memilih untuk menggunakan koneksi internet dengan 3G (UTMS), dikarenakan 3G(UTMS) memiliki kecepatan yang sangat tinggi sehingga memudahkan untuk browsing dan mendownload file-file besar tanpa harus menunggu lama.
Semoga bermanfaat..... ;)

0 komentar:

Posting Komentar